4 Tips Memasuki Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate

Bagi seorang fresh graduate memasuki dunia kerja adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Rasanya siap mengamalkan ilmu yang telah diterima di bangku pendidikan dan menjadi orang dewasa sesungguhnya. Menghadapi tantangan yang sesungguhnya, bukan hanya teori yang biasa dihadapi saat masih kuliah.

Tips Memasuki Dunia Kerja 

Saat pertama kali memasuki dunia kerja mungkin rasanya tidak karuan. Apalagi setelah hari pertama di kantor, dan melihat para senior yang tampak profesional dan cakap bekerja. Nah, agar hari-hari pertama Anda menyenangkan, simak tips-tips berikut di bawah ini.

Mau Belajar

Sebagai karyawan baru, tentu Anda akan memerlukan waktu untuk mempelajari job description yang diberikan. Selalu terbukalah untuk setiap tanggung jawab yang diberikan. Sedapat mungkin hindarilah menolak tugas, sepanjang itu masih dalam ranah pekerjaan Anda. Anggaplah setiap tugas yang diberikan, adalah tantangan agar cepat beradaptasi dengan ritme kantor yang baru tersebut.

Profesional

Selalu bersikap profesional dengan rekan kerja. Penuhilah tenggat waktu dengan tertib, sehingga tidak mengganggu pekerjaan rekan yang lain. Hal ini penting untuk diperhatikan terutama jika job description Anda menuntut diselesaikan oleh tim.

Atur Tempat Kerja

Biasanya, Anda akan mendapatkan sebuah ruang kerja yang lazim disebut kubikel. Pelajarilah bagaiman cara penataannya, agar terlihat rapi. Jika ternyata terpaksa berbagi dengan teman satu tim, perhatikanlah terlbih dahulu kebiasaan mereka, dan adaptasikanlah gaya Anda.

Komplain

Selama minggu-minggu pertama, mungkin Anda akan merasa tidak nyaman karena harus beradaptasi dengan peraturan baru atau ritme kerja yang berbeda. Jangan terlalu bereaksi dengan keadaan kantor tersebut. Tetaplah bersikap profesional dan amatilah dengan baik. pada bagian mana Anda dapat memberikan komplain tanpa merasa minder kepada atasan dan rekan kerja.

 

Kualitas

Tunjukkanlah kualitas diri Anda dari hari pertama masuk. Selesaikanlah semua tanggungajwab tepat waktu dan dikerjakan sesuai dengan arahan atasan Anda. Mulai aktif memberikan solusi pada meeting, jika memang memiliki alternatif pemecahan masalah yang  tepat.

 

Itulah tips yang dapat dilakukan agar Anda cepat beradaptasi pada dunia kerja yang berbeda dari saat kuliah. Dengan menjalankannya, Anda akan lebih mudah beradaptasi dan bekerja dengan maksimal serta profesional.