Kenapa Premi Asuransi Kesehatan Bisa Mahal? Pelajari Beberapa Faktor Penyebab Berikut!

Kenapa Premi Asuransi Kesehatan Bisa Mahal? Pelajari Beberapa Faktor Penyebab Berikut!

Memiliki asuransi kesehatan saat ini tentu sangat berguna untuk kehidupan di masa yang akan datang. Karena muncul penyakit tidak bisa kita prediksi, bisa terjadi kapan saja saat kita siap maupun tidak. Maka sebaiknya untuk memproteksi diri sebaiknya menyiapkan diri dengan memiliki asuransi kesehatan. Membeli asuransi kesehatan juga harus melalui beberapa pertimbangan, baik dari segi tanggungannya maupun besaran preminya. Setiap orang pasti ingin mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dengan harga murah. Banyak perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi dengan harga beragam, bisa jadi salah satu dari produk tersebut cocok dengan kantongmu.

Tapi taukah kamu, bahwa ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab kenapa biaya asuransi kesehatan bisa mahal. Simak beberapa faktor yang mempengaruhi biaya premi yang akan kamu bayar, sebagai berikut:

Usia Pada Saat Daftar Asuransi

Dalam asuransi kesehatan, usia tertanggung sangat mempengaruhi harga premi. Semakin muda kamu mendaftarkan diri, maka harga premi yang ditawarkan juga bisa lebih murah. Hal ini bisa kamu rasakan pada saat mendaftarkan asuransi kesehatan untuk anggota keluargamu yang memiliki usia berbeda, maka kamu akan mendapatkan harga premi asuransi yang berbeda juga. Faktor ini berkaitan dengan resiko penyakit yang akan ditanggung oleh pemegang asuransi.

Bagi kamu yang berniat memiliki asuransi kesehatan dengan harga yang murah, sebaiknya segera mendaftarkan diri dan pilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Riwayat Kesehatan Tertanggung

Faktor penentu lainnya selain usia dalam dunia asuransi kesehatan adalah riwayat kesehatan yang pernah dialami oleh tertanggung sebelumnya. Langkah awal perusahaan asuransi akan memberikan beberapa tes kesehatan untuk calon pemegang polis, sebagai syarat dari pengajuan asuransi kesehatan. Dari hasil tes tersebut akan menjadi penentu untuk harga premi yang akan kamu bayarkan tiap bulannya.

Untuk riwayat kesehatan tidak hanya dilihat dari calon pemegang polis saja, tetapi perusahaan asuransi juga akan meminta lampiran riwayat kesehatan keluarga atau orang tua. Perusahaan akan melihat riwayat kesehatan apakah memiliki resiko lebih kecil atau besar.

Kebiasaan Buruk Tertanggung

Kebiasaan buruk seperti merokok juga akan berpengaruh pada harga premi. Walaupun memiliki riwayat kesehatan yang baik, riwayat kesehatan orang tua baik, tetapi calon pemegang polis merokok harga premi bisa dipastikan akan lebih mahal. Calon pemegang polis akan diminta untuk mengisi data apakah sebagai perokok aktif atau pasif. Karena dalam penilaian asuransi, seorang perokok akan memiliki resiko kesehatan yang lebih besar dibandingkan yang tidak merokok.

Jenis Pekerjaan

Seorang calon pemegang polis yang memiliki pekerjaan yang resiko kematiannya tinggi, tentu akan mempengaruhi harga premi sehingga bisa jadi lebih mahal. Pekerjaan dengan resiko tertinggi adalah seperti pekerja tambang, maskapai penerbangan, atau konstruksi bangunan. Jika dibandingkan dengan pekerja kantoran biasa, biaya premi akan jauh lebih murah karena memiliki resiko lebih rendah.

Besarnya Biaya Pertanggungan

Jika ingin mendapatkan biaya pertanggungan yang besar, maka kamu harus membayar premi yang lebih besar juga. Uang pertanggungan tersebut akan sebanding dengan apa yang kita bayarkan tiap bulan maupun tahunan.

Untuk hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Pilihlah asuransi kesehatan yang akan menanggung resiko kesehatan kamu nantinya sesuai dengan kebutuhanmu, jangan memaksakan diri untuk memilih asuransi dengan premi mahal, melainkan sesuaikan dengan kemampuanmu dalam membayar asuransi kesehatan tersebut.

 

Source: https://superyou.co.id/blog/kesehatan/faktor-premi-asuransi-kesehatan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *