Mesin Parut Kelapa, Simak 3 Tips Memilihnya

Memiliki usaha yang memerlukan kelapa dalam jumlah banyak, memang lebih baik memiliki mesin parutnya. Sebelum memilih mesin parut kelapa, sebaiknya memperhatikan beberapa hal ini agar awet digunakan.

3 Tips Memilih Mesin Parut Kelapa

Parutan kelapa merupakan alat yang memiliki fungsi untuk menghaluskan kelapa. Terdapat 2 tipe yang bisa Anda pilih, yaitu menggunakan listrik yang sering disebut sebagai mesin p dan alat parut kelapa yang manual.

 

Kelapa menjadi bahan kebutuhan yang banyak peminatnya. Terlebih untuk usaha kuliner baik dari skala kecil maupun untuk skala besar. Jika ingin membeli parutan kelapa untuk usaha maupun mendukung industri kuliner, sebaiknya menyimak 4 tipsnya berikut ini.

Memilih Mesin Parut Kelapa Berdasarkan Tipenya

Untuk memarut kelapa dengan mesin, alat tersebut akan tersambung dengan dinamo. Sehingga mampu memarut kelapa dengan cepat. Jika menggunakan parutan manual membutuhkan tenaga manusia, sehingga tidak secepat jika menggunakan mesin.

Cek Dimensinya

Sebelum memilih mesin parut kelapa, sebaiknya mengecek terlebih dahulu dimensinya. Berikut beberapa dimensi yang ada pada mesin, antara lain:

Besar

Memilih parutan kelapa dengan ukuran besar juga akan memiliki kapasitas yang besar. Bahkan ada yang memiliki kemampuan memarut 700 kilogram setiap jamnya. Parutan dengan dimensi besar sangat cocok dipakai untuk industri maupun pabrik.

 

Tidak hanya bisa memberikan hasil yang banyak, melainkan juga menghemat tenaga, biaya dan waktu. Ukuran mesin yang besar sekitar 80 cm X 79 cm x 104 cm.

 

Meskipun demikian, parutan ini memiliki perbedaan harga jauh dengan produk yang berukuran kecil. Oleh karena itu, sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu dananya. Namun, tentunya sebanding dengan hasilnya.

Kecil

Mesin parutan berukuran kecil ada yang menggunakan mesin dan ada yang manual. Untuk yang menggunakan mesin, biasanya ada di hotel atau restoran. Dimensinya berkisar 23 cm X 15 cm X 10 cm.

Mengenali Bahannya

Bahan yang biasa digunakan untuk mesin parutan yaitu, stainless steel, plastik dan kayu. Memilih bahan stainless steel sangat awet dan tahan karat. Mata pisau juga bervariasi.

 

Memilih mesin parut kelapa hendaknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan bahannya yang awet.