Midtrans – Payment Gateway Terbaik Indonesia

Untuk anda yang sering berbelanja online, anda pasti tidak asing dengan Payment Gateway. Meskipun anda mungkin asing dengan namanya, tapi pasti anda sering menggunakannya.

Secara sederhana, payment gateway adalah sebuah sistem yang menghubungkan pembayaran antara pihak pembeli kepada pihak penjual.

Payment gateway bisa dilakukan dengan berbagai media pembayaran, seperti misalnya akun perbankan, akun dompet digital ataupu merchant merchant tertentu yang telah bekerja sama dengan pihak payment gateway.

Adapun, Payment Gateway Indonesia sendiri sangatlah banyak. Salah satunya adalah Midtrans Payment Gateway. Apa Itu midtrans payment gateway? Berikut adalah ulasannya.

Apa Itu Midtrans Payment Gateway

Midtrans adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang finansial teknologi atau disingkat dengan fintek. Layanan midtrans sendiri berfokus pada Payment Gateway Indonesia.

Dengan menggunakan layanan payment gateway dari midtrans, diharapkan bisnis online anda akan terbantu dalam masalah transaksi pembayaran serta memudahkan anda dalam mengelola proses proses yang berhubungan dengan pembayaran.

Saat ini, Midtrans telah mendukung segala jenis pembayaran dari bank apapun yang ada di Indonesia. Selain bank, layanan juga mendukung pembayaran melalui CC ataupun dompet digital seperti misalnya gopay.

Dalam layanan midtrans, anda bisa juga melakukan pengiriman dana, baik itu pengiriman secara personal ataupun pengiriman secara massal.

Apakah Transaksi Dengan Midtrans Dikenakan Biaya?

Ketika melakukan transaksi dengan payment gateway midtrans, anda akan dikenakan biaya tertentu sesuai besaran transaksi yang berhasil dijalankan. Adapun, untuk masalah presentase biaya, semua jenis bank atau e-wallet memiliki fee yang berbeda.

Berbeda dengan misalnya jika anda ingin menggunakan layanan Midtrans, anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Midtrans hanya memungut biaya berdasarkan transaksi berhasil yang dilakukan melalui payment gateway mereka.

Jika melihat biaya transaksi payment gateway dari situs resmi Midtrans, jumlahnya bervariasi, mulai dari 1500 per transaksi sampai 5000 rupiah per transaksi.

Cara Mendaftar di Midtrans

Berikut ini adalah tata cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan layanan dari Midtrans.

  • Klik tombol daftar sekarang yang ada di website resmi Midtrans
  • Setelah itu anda akan diminta untuk memasukan sebuah alamat email dan mengonfirmasi kepemilikan dari email tersebut.
  • Setelah melakukan konfirmasi email, anda bisa langsung login ke akun Midtrans dan mengakses dashboard layanan tersebut
  • Di area dashboard, anda bisa menekan tombol ‘Di sini’ untuk melakukan aktivasi akun.
  • Setelah akun aktif, anda akan diminta untuk memasukan beberapa dokumen seperti misalnya KTP dan lain sebagainya.
  • Setelah mengisi data data dan mengikuti instruksi yang ada dalam website, beberapa layanan transfer bank seperti misalnya Virtual Account Permata, BNI, Mandiri, BRI serta Gopay dan QRIS bisa langsung anda nikmati dengan terlebih dahulu melakukan integrasi Payment link dan juga SNAP
  • Anda bisa mengecek email yang berisi syarat serta ketentuan yang telah anda setujui, anda dapat mengunduhnya dalam waktu 1 kali 24 jam saja.
  • Ketika masuk ke dashboard software, anda mungkin akan diarahkan pada mode Sandbox. Setelah aktivasi akun terverifikasi seluruhnya, anda nanti akan diarahkan pada mode Production
  • Anda bisa menunggu sampai verifikasi dinyatakan selesai dan akun aktif sepenuhnya.

Selain yang disebutkan diatas, ada beberapa syarat lain yang perlu anda penuhi, diantaranya adalah memastikan bahwa bisnis yang anda jalankan tidak termasuk kedalam bisnis yang dilarang secara hukum seperti misalnya jual beli narkoba, minuman keras dan lain sebagainya.

Dari sisi website, anda juga harus memastikan bahwa web yang dibuat telah sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.