Penyebab Mata Merah yang Perlu Anda Ketahui

Mata merah sering menimbulkan perasaan kurang nyaman bagi penderitanya. Selain itu, terkadang juga kondisi mata merah mengganggu aktivitas dan juga penampilan seseorang.

Dalam dunia medis, mata merah secara umum bukanlah kondisi yang berbahaya. Ia bisa disebabkan oleh beberapa faktor atau alasan.

Lalu, apa saja sih kira-kira penyebab mata merah yang perlu anda ketahui. Berikut adalah jawabannya:

Apa Saja Penyebab Mata Merah?

1. Masuknya Partikel Asing

Mata adalah salah satu organ manusia yang sangat sensitif terhadap partikel asing. Dalam kondisi tertentu terkadang mata anda kemasukan benda benda kecil seperti misalnya debu ataupun partikel partikel lainnya.

Hal demikian akan menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah di selaput putih mata sehingga menimbulkan kondisi mata yang memerah.

Untuk masalah seperti ini biasanya penangangannya sangat mudah, anda hanya perlu diam beberapa saat agar mata bisa kembali dalam kondisi normal. Hindari mengucek mata terlalu keras karena itu bisa menimbulkan iritasi.

2. Mata Kering

Hal lain yang bisa menyebabkan mata merah adalah mata yang kering. Kondisi ini disebabkan oleh kelenjar di bagian mata yang tidak bisa memproduksi cukup air untuk melumasi bagian mata sehingga mata menjadi terasa kering dan memerah.

Selain karena hal diatas, kondisi mata kering bisa juga disebabkan oleh cuaca yang panas, angin yang membawa partikel kotor serta penggunaan lensa kontak yang kurang aman.

Untuk keadaan seperti ini, anda bisa membeli obat tetes mata untuk melumasi atau membuat keadaan mata anda menjadi lembap dan tidak kering.

3. Kelelahan

Ketika mengalami kelelahan, utamanya ketika anda bekerja terlalu lama di depan layar komputer, sebaiknya anda mengambil jeda atau beristirahat sejenak.

Jika itu tidak dilakukan, maka beberapa resiko akan muncul seperti misalnya kepala pusing, stamina kurang dan juga mata yang memerah.

Jika kondisi mata merah muncul karena anda terlalu lama berada di depan komputer, sebaiknya anda menggunakan obat tetes mata sama seperti saran di poin satu dan dua.

4. Peradangan Mata

Bukan hanya mata kering, kelelahan ataupun masuknya partikel asing ke bagian mata. Mata merah juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti misalnya infeksi virus, alergi, peradangan mata bagian dalam dan lain sebagainya.

Selain itu, masuknya benda benda lain seperti misalnya gas air mata bisa juga menyebabkan mata pedih dan kemerahan.

So, itulah tadi beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki mata merah. Kondisi mata merah secara umum biasanya tidak akan berlangsung lama, hanya beberapa menit saja.

Adapun, untuk penanganan pada mata merah, anda bisa menyesuaikannya dengan penyebab mata merah pada diri anda sendiri.

Seperti misalnya, jika mata merah karena mata kering anda bisa menggunakan obat tetes mata yang bisa dibeli secara bebas di apotek ataupun toko toko alat kesehatan.

Namun, jika intensitas mata merah anda berlangsung lama atau menimbulkan gejala lain seperti misalnya pembengkakan, gangguan penglihatan dan sebagainya. Sebaiknya anda menghubungi dokter untuk penangangan lebih lanjut.

Setelah diperiksa nanti dokter biasanya akan memberi beberapa obat, baik itu dalam bentuk obat tetes, salep ataupun obat obat tertentu yang harus anda minum untuk menghentikan penyakit dari dalam tubuh.

Pemberian obat-obatan tersebut, semuanya tentu saja didasarkan pada kondisi hasil diagnosa yang dilakukan oleh dokter dan juga aturan penggunaan obat yang tepat.