Stang Motor Terasa Goyang? Kenali Beberapa Penyebabnya Berikut Ini

Faktor kenyamanan dalam berkendara bukan hanya ditentukan oleh satu atau dua komponen saja, tetapi semua komponen harus bersinergi untuk mewujudkan kenyaman untuk pengemudi motor. Justru jika ada satu komponen bermasalah maka akan mengurangi kenyamanan, bahkan jika komponen utama yang bermasalah maka motor tidak bisa dihidupkan. Jadi jangan hanya mengutamakan beberapa komponen saja karena berkaitan dengan penampilan luar tapi perhatikan komponen yang ada di dalam dan berkaitan langsung dengan mesin. Ada salah satu komponen yang bermasalah dan bisa membahayakan jika tidak hati-hati yaitu stang motor. Ada pengemudi yang mengeluh bahwa stang motor terasa goyang sehingga merasa tidak nyaman dikendarai sehingga harus ada perbaikan untuk komponen tersebut. Sebaiknya kenali dulu beberapa penyebab stang menjadi mudah goyang saat mengemudi di bawah ini.

 

Ban sudah tidak layak

Sama halnya dengan stang, komponen ban termasuk dalam komponen yang sangat penting. Jika ban kempes atau bahkan bocor sebaiknya jangan dipaksakan untuk terus berjalan karena bisa bahaya dan juga merusak komponen lain seperti velg dan juga stang. Ciri ban yang sudah tidak layak dipakai mulai dari adanya benjolan karena sering melewati jalan yang berbatu atau rusak hingga sudah sering bocor, jadi segera ganti ban dengan produk baru.

 

Velg yang sudah rusak

Penyebab stang menjadi goyang karena kondisi velg yang sudah tidak layak atau dikatakan rusak, salah satunya bengkok akibat pernah terjadi benturan atau memaksakan berkendara saat ban sedang kurang angin. Selain bengkok, penyebab lainnya karena terdapat retak pada velg sehingga kurang stabil ketika dikemudikan. Jika kedua faktor tersebut sudah jelas menjadi penyebab stang goyang maka tak perlu berpikir lama dan langsung saja ganti baru. Pastikan juga ukurannya sudah tepat saat memutuskan untuk ganti yang baru.

 

Bearing pada roda sudah longgar

Bearing merupakan komponen yang berada tepat di tengah roda yang berfungsi agar tidak ada gesekan yang terjadi antara as dengan rumah roda sehingga putarannya selalu stabil. Biasanya bearing mengalami kerusakan karena komponen peluru yang ada di dalamnya pecah. Untuk mengecek kerusakan ini cukup mudah yaitu menggoyangkan roda dari kiri ke kanan atau sebaliknya, jika merasa bahwa setelan roda tidak pas maka kemungkinan besar bearing memiliki masalah. Solusinya sudah pasti mengganti yang baru karena bearing yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki lagi.

 

Itulah beberapa penyebab yang membuat stang goyang karena dipengaruhi banyak komponen yang bermasalah. Untuk menyelesaikan berbagai masalah tersebut, tentunya membutuhkan uang yang tidak sedikit sehingga membuat pemilik kendaraan mendaftarkan kendaraannya pada sistem lelang melalui aplikasi IBID. Aplikasi satu ini kaya akan fitur menarik dan berguna untuk para peserta maupun penjual kendaraan. Jadi langsung saja download aplikasi IBID melalui toko aplikasi yaitu Appstore dan juga Playstore sekarang juga, rasakan lelang yang transparan dan praktis hanya dengan satu aplikasi saja.