Tangis Sang Adik Pecah Saat Lepas Jenazah Ustaz Tengku Zulkarnain di RS Tabrani Pekanbaru

Kesedihan mewarnai pelepasan jenazah Ustaz Tengku Zukarnain di RS Tabrani, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (10/5/2021) malam. Tampak, mata adik almarhum Ustadz Tengku Zulkarnain, Tengku Nazariah berkaca kata saat hendak melepas jenazah sang abang. Ia tidak kuasa kala melepas sang abang untuk pergi selamanya.

Wanita berhijab itu menyebut bahwa almarhum meninggal dunia usai menjalani perawatan medis sejak 2 Mei 2021. Almarhum sempat mengutarakan bahwa masih ingin berjuang di jalan Allah. "Beliau sempat bilang, abang baru berkeliling, abang tidak capek. Raga abang di sini, tapi abang tetap berdakwah," ulasnya dengan meneteskan air mata.

Keluarga ikhlas saat mengetahui beliau pergi untuk selamanya. Ustaz Abdul Somad sempat menelpon Ustaz Tengku Zulkarnain saat almarhum hendak dipasangi ventilator. "Beliau juga sempat meneriakkan takbir jelang kondisi tubuhnya menurun. Ia pun akhirnya harus bernafas dengan bantuan ventilator," katanya.

Almarhum juga sempat mengucapkan kalimat tauhid, lailahalillah saat pemasangan ventilator. Keluarga sudah ikhlas melepas kepergian almarhum. Pj Sekretaris Daerah Riau, Masrul Kasmy turut berduka dengan kepergian Ustaz Tengku Zulkarnain. Ia menyebut bahwa Indonesia sudah kehilangan tokoh nasional.

"Kita berharap beliau mendapat tempat yang layak di sisi Allah," ujarnya. Juru Bicara Satgas Covid 19, Indra Yovi menyebut bahwa almarhum sudah mendapat perawatan sejak 2 Mei 2021 silam. Ia meninggal saat sudah mengenakan alat bantu ventilator.

"Beliau sempat henti nafas hingga akhirnya beliau meninggal dunia," paparnya. Yovi mengajak masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan. Ia menegaskan bahwa covid 19 itu nyata.

"Kita menjaga jarak saat menyelenggarakan salat jenazah, semoga beliau mendapat tempat yang layak di sisi Allah," ulasnya. Jenazah Ustaz Tengku Zulkarnain dimakamkan di pamakaman khusus Covid 19 di Palas Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, Senin (10/5/2021) malam. Sebelum dimakamkan, jenazah Ustadz Tengku Zulkarnain akan disholatkan di Masjid Raya An Nur Pekanbaru Jalan Hangtuah .

Adik Ipar Ustaz Zulkarnain, Said Lukman mengatakan Ustaz Tengku Zulkarnain sudah biasa keliling Riau melakukan dakwah di bulan Ramadan. Lebih lanjut Said Lukman mengatakan, Ustaz Tengku Zulkarnain memiliki kebiasaan blusukan mengisi pengajiaan di pelosok Riau. "Hampir selalu setiap ramadan selalu mengitari seluruh kabupaten Kota (di Riau,red)," ujarnya.

Kondisi fisik Ustaz Tengku Zulkarnain sebutnya masih baik sejak Senin pagi hingga sore tadi. Fisik Ustaz Tengku Zulkarnain tiba tiba drop sore hari hingga usai Azan Magrib akhirnya meninggal dunia. "Sampai pagi tadi masih sehat masih bisa berkomunikasi dengan adiknya, dengan dokter Diana, menurunya mulai sore, begitu azan magrib beliau dipanggil Allah SWT, Innalillahi Wainnalillahi Rojiun," katanya.

Diketahui Ustaz Tengku Zulkarnain sempat menulis cuitan di Twitter terakhir kalinya pada 2 Mei 2021 silam. Cuitan terakhirnya terkait Covid 19. "Semoga semua kaum Muslimin yang wafat kena Covid 19 diampuni dan dimuliakan Allah. Sementara yang berhasil sembuh dilindungi Allah dalam ketaatan kepadaNya Al Fatihah…Amin," begitu bunyi cuitan di akun Twitternya, @ustadtengkuzul

Informasi wafatnya Ustaz Tengku Zulkarnain awalnya dikirim Diana Tabrani yang tidak lain apemilik rumah sakit Tabrani tempat dimana Tengku Zulkarnain dirawat karena positif covid 19. Sebelumnya, Ustaz Tengku Zulkarnain dirawat di RS Tabrani Pekanabaru, Riau karena terpapar virus Corona . Pendakwah tersebut diketahui positif Covid 19 saat akan melanjutkan perjalanan ke Sumatera Utara (Sumut) yang tidak lain adalah kampung halamannya.

Kabar meninggalnya Ustaz Tengku Zulkarnain juga disampaikan Dokter spesialis paru paru, dr Eva Chaniago dalam unggahan twitternya. "Innalillahi wainnailaihirojiun Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wa'fuanhu Telah berpulang ke Rahmatullah, Ulama Besar, Singa Allah, guru kita @ustadtengkuzul." "Semoga Allah masukan beliau dalam syurgaNya Keluarga yang ditinggal diberi keikhlasan dan keselamatan Aamiin ya Allah,"