Ternyata Mudah. Begini Cara Mengatasi Bad Mood Jelang Menstruasi

Bad mood atau mood yang buruk merupakan salah satu gejala yang sering muncul jelang menstruasi. Jangan khawatir, ini merupakan kondisi normal, dan sudah dijelaskan lewat penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience.

Meski normal, kamu nggak boleh membiarkan masalah ini. Selain dapat mengganggu aktivitas harian, mood yang buruk berpotensi mengganggu hubungan kamu dengan orang terdekat. Maka dari itu, untuk mengendalikannya, perhatikan cara mengatasi bad mood jelang menstruasi berikut ini.

1. Berolahraga Secara Rutin

Selain membantu membuat menstruasi tetap lancar, dan menurunkan gejala PMS, ternyata rutin berolahraga bermanfaat membantu otak memproduksi endorfin, hormon yang bertugas untuk membantu meningkatkan suasana hati.

Selain itu, penelitian lainnya menjelaskan jika rutin berolahraga efektif membantu memperbaiki suasana hati, melepas beban pikiran, dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidak perlu berlebihan, kamu hanya disarankan berolahraga selama 150 menit per minggu.

2. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Jelang menstruasi, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, terutama makanan dengan kandungan vitamin C, zinc dan zat besi. Selain itu, kamu pun disarankan untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa berfungsi sebagai mood booster.

Beberapa makanan tersebut diantaranya oatmeal dan makanan yang mengandung indeks glikemik rendah, ikan dan makanan sejenis dengan kandungan omega-3, pisang yang bisa meningkatkan produksi hormon serotonin, coklat hitam tanpa gula dan lainnya.

3. Melakukan Meditasi

Meditasi merupakan salah satu metode yang cukup lama dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Selain itu, meditasi bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, menurunkan resiko kecemasan dan mengurangi stres jelang menstruasi.

Ada beberapa jenis meditasi yang sangat disarankan sebagai cara mengatasi bad mood, diantaranya meditasi fokus, meditasi mindfulness dan meditasi Kundalini. Tidak perlu lama-lama, kamu hanya perlu melakukan meditasi selama 10–20 menit per hari.

4. Berinteraksi Dengan Orang Lain

Salah satu mood booster yang paling ampuh mengatasi suasana hati adalah berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa bergabung dengan komunitas tertentu, atau minimalnya ngobrol dengan teman dekat atau pasangan untuk mencurahkan segala kegundahan hati.

Cara lainnya yang wajib kamu pertimbangkan adalah, berdoa. Saat bad mood menyerang, kamu bisa mengangkat tangan untuk berdoa kepada Tuhan demi mendapatkan ketenangan. Hal ini bahkan sudah dibuktikan penelitian Dr Roberta Lee, yang dituliskan dalam buku The Super Stress Solution.

5. Siapkan Pembalut Terbaik

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kekhawatiran banyak wanita jelang menstruasi adalah, takut bocor. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyiapkan Laurier Natural Clean Night 35cm dengan Fiber Dry Technology yang menyerap cairan lebih cepat, permukaan 2x lebih kering dan bebas bocor.

Selain itu, Laurier Natural Clean Night 35cm merupakan pembalut antibakteri dengan 3 antibac protection, yakni ekstrak daun sirih yang mengusir bau, daun sage sebagai anti jamur dan antibac agent yang efektif melawan lawan bakteri.

Jika dengan cara mengatasi bad mood diatas masih belum teratasi, bahkan cenderung memburuk, segera hubungi psikolog profesional untuk mendapat solusi lebih lanjut. Dan jika ingin mendapatkan informasi lebih seputar kesehatan mental lainya coba cek website Kao life Academy.

Cukup sampai disini dulu informasi yang bisa di berikan pada artikel kali ini semoga bermanfaat, dan terima kasih karena sudah membaca artikel ini sampai selesai semiga dalat bertemu lagi oada informasi atau tips lainya.

 

Referensi:

National Health Service UK. Diakses pada 2022. Tips and Support. How to be Happier.

Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Wellness and Prevention. Boosting Your Mood.

Psychology Today. Diakses pada 2022. 5 Ways to Boost Your Mood When You Are Feeling Down.