Tingkatkan Jumlah Trombosit dengan Beberapa Makanan ini

Tingkatkan Jumlah Trombosit dengan Beberapa Makanan ini

Menaikkan trombosit merupakan hal penting agar seseorang terhindar dari kekurangan trombosit. Karena, jika trombosit turun dibiarkan saja, maka bisa mengganggu kerja organ tubuh sehingga menyebabkan masalah lainnya.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk menaikkan trombosit. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya berikut ini.

Apa Saja Makanan untuk Menaikkan Trombosit?

Mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi akan zat besi

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat baik untuk membantu menaikkan jumlah trombosit dalam tubuh. Zat besi penting untuk kemampuan tubuh dalam menghasilkan sel darah yang sehat.

Meningkatkan asupan zat besi Anda bisa membantu menaikkan kadar gula darah secara alami. Beberapa makanan tinggi zat besi antara lain daging merah, bayam, hati, brokoli, dan kentang.

Makan lebih banyak sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung sumber vitamin K. Vitamin K secara tidak langsung bisa meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh dan membantu proses pembekuan darah. Vitamin K yang dikonsumsi dengan cukup akan membantu tubuh untuk memproduksi protein penting yang berperan sebagai proses pembekuan darah.

Selain itu, vitamin K juga bisa membantu menghentikan pendarahan yang terjadi. Sayuran hijau yang bisa jadi pilihan seperti sawi, kangkung, atau bayam.

Mengonsumsi makanan tinggi folat

Folat (asam folat) ialah vitamin B yang bisa membantu meningkatkan kadar trombosit. Folat banyak terkandung dengan alami di banyak makanan. Makanan tinggi folat antara lain hati sapi, kacang-kacangan, brokoli, bayam, kubis, kacang merah, kacang polong hitam, jeruk, dan sebagiannya.

Makanan lebih banyak ikan

Ikan banyak mengandung vitamin B12 yang berperan penting untuk pembentukan sel darah merah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan kadar trombosit dalam darah salah satunya adalah kekurangan vitamin B12. Ikan laut seperti salmon, tuna, dan trout mempunyai banyak kandungan vitamin B12 yang baik untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

Makanan tinggi vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk membantu trombosit berkumpul dan berfungsi dengan efisien. Vitamin C juga membantu untuk menyerap zat besi yang bisa membantu dalam proses produksi sel darah merah. Untuk meningkatkan konsumsi vitamin C, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti jeruk segar, lemon, nanas, limau, dan jeruk bali.

Daun pepaya

Daun pepaya terkenal mempunyai rasa yang pahit saat dikonsumsi. Namun ternyata daun pepaya mempunyai banyak flavonoid, alkaloid, fenol, dan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan membantu menstabilkan sel darah merah.

Oleh sebab itu, mengonsumsi daun pepaya bisa membantu untuk menaikkan kadar trombosit yang rendah. Daun pepaya sekarang telah tersedia dalam bentuk ekstrak atau suplemen. Jadi, tidak perlu lagi merasakan pahitnya daun pepaya.

Rumput gandum

Rumput gandum atau wheatgrass dipercaya bisa bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit. Hal ini karena rumput gandum dipercaya banyak mengandung klorofil, dengan struktur yang mirip dengan hemoglobin dalam darah.

Selain itu, rumput gandum juga bisa meningkatkan sel darah merah dan sel darah putih dalam darah. Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir jus rumput gandum dengan sedikit campuran jus lemon untuk meningkatkan efektivitasnya.

Menaikkan trombosit dapat di mulai dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Misalnya, mengonsumsi buah atau sayuran atau suplemen untuk menutrisi tubuh. Selain itu, Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat menurunkan trombosit dalam darah Anda.

Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi alkohol serta kurang istirahat. Sekian ulasan mengenai menaikkan trombosit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *